Kongres PDI Perjuangan Akan Dipercepat

PDI Perjuangan dikabarkan akan mempercepat Kongres V yang semula direncanakan akan digelar pada tahun 2020 mendatang.

Perihal dipercepatnya pelaksanaan Kongres V ini pun dibenarkan oleh Ketua DPP PDI Perjuangan, Hendrawan Supratikno. “Betul (dimajukan). Rencana tanggal 8-10 Agustus di Bali,” ujarnya saat dihubungi wartawan, Kamis (13/6).

Namun Hendrawan enggan menjawab lebih lanjut terkait alasan dipercepatnya Kongres V partai berlambang banteng itu. Dia meminta awak media menunggu pengumuman resmi dari Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto.

“Info lebih lanjut bisa ditanyakan kepada Sekjen. Beliau yang diberi tugas menyampaikan kepada media,” ucap Hendrawan.

Adapun salah satu agenda penting yang biasa dibahas dalam Kongres adalah penentuan pergantian pimpinan partai. Dari hasil Kongres IV PDI Perjuangan pada tanggal 9-11 April 2015 lalu, Megawati Soekarnoputri kembali terpilih sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan. 

Dari hasil kongres terdahulu, masa jabatan Megawati sebagai ketum baru akan berakhir pada tahun 2020. Hal tersebut sekaligus menjadikan putri kandung Presiden pertama RI Soekarno ini sebagai pimpinan partai terlama sejak 1999.

Megawati sendiri sudah beberapa kali mengisyaratkan dirinya akan mundur. Dia sempat mengungkapkan hal tersebut saat memberikan pembekalan kepada kader PDI Perjuangan.

“Saya jadi ketum partai yang paling senior. Sudah sekian lama belum diganti-ganti, padahal saya sudah sekian lama berharap diganti, karena umur saya yang sudah plus 17 (71 tahun dibalik). Tapi hari ini pun malah ditambahi tugas untuk badan pembinaan ideologi pancasila. Kenapa ya? Kan itu pertanyaannya,” ungkapnya pada 15 November 2018 lalu.

Sedangkan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengatakan meskipun Megawati sudah ingin mundur, tapi kader tetap memilihnya dengan suara terbanyak sebagai ketum partai. “Ketika kongres menghendaki beliau untuk memimpin, itu bagian dari dedikasi bagi partai dan negara. Bukan orang per orang, bukan karena ambisi,” ujar Hasto Novemver 2018 lalu.

Wakil Sekretaris Jendral PDI Perjuangan, Eriko Sotarduga mengaku pihaknya masih belum membahas mengenai pergantian ketua umum. Dia menyebut keputusan tersebut baru akan diberikan dalam kongres partai.

“Kita ini di PDI Perjuangan belum pernah membicarakan mengenai masalah Ketua Umum karena itu haknya kongres. Sehingga di dalam non formal pun belum dibicarakan,” ungkap Eriko pada 17 Mei 2019 lalu. gesuri.id

Author: indera kusuma

Leave a Reply