Peringati Hari Ibu, Perempuan Jawa Barat Bersatu Untuk NKRI

Ribuan perempuan Jawa Barat meriahkan peringatan Hari Ibu yang digelar oleh Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Barat Joko Widodo-Ma’ruf Amin, di Jalan Ir Soekarno Bandung, Sabtu (22/12).

Dengan tema “Perempuan Jawa Barat BerSATU untuk NKRI”, para ibu dari berbagai latar belakang ini, tampak antusias mengikuti beberapa kegiatan yang disediakan oleh TKD Jabar. Diantaranya, Lomba Senam Jokowi, Flash Mob, hingga layanan pemeriksaan kesehatan gratis

Ketua Panitia Kegiatan Hari Ibu TKD Jawa Barat Jokowi-Amin, Ineu Purwadewi Sundari mengatakan, ibu memiliki peranan penting dalam kemajuan bangsa. Ibu juga merupakan sekolah utama bagi anak-anak, sekaligus sebagai tiang negara yang menjadi modal dalam membangun negara melalui keluarga.

“Peranan perempuan dalam memperjuangkan kemerdekaan juga sangat besar. Dalam masa penjajahan, ibu bangsa yang tergabung dalam organisasi perempuan menggelar Kongres Perempuan Pertama pada 22-25 Desember 1928, di Yogyakarta untuk kemerdekaan bangsa,” kata Ineu.

Sebagai bentuk apresiasi dan juga penghargaan terhadap perjuangan kaum perempuan Indonesia, Presiden RI pertama, Soekarno mengeluarkan Dekrit Presiden Nomor 316 Tahun 1959 yang menetapkan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu dan dirayakan secara nasional. 

“Hal ini memperlihatkan bahwa laki-laki dan perempuan memiliki kontribusi yang sama dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Bahkan lantaran juga memiliki peranan di ranah domestik, ibu berpengaruh besar dalam memaksimalkan potensi diri seorang manusia dan kaum ibu adalah penjaga moral anak,” pungkasnya. RMOLJABAR.COM

Author: DPD PDI PERJUANGAN JABAR

SITUS RESMI DPD PDI PERJUANGAN JAWA BARAT

Leave a Reply