110 Views

Basarah: Pentingnya Pembumian Pancasila Secara Milenial

Pembumian Pancasila kepada generasi milenial tidak bisa dilakukan dengan cara-cara konvensional.

Wakil Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Ahmad Basarah, menekankan pentingnya membumikan ideologi Pancasila kepada generasi milenial. Hal itu disampaikannya dalam acara Pembekalan Caleg DPR RI Gelombang Dua PDI Perjuangan, di Kinasih Resort, Cilangkap, Tapos, Depok, Kamis (1/11).

“Tadi membahas soal Pancasila, bagaimana cara membumikan Pancasila dan tantangannya, terutama pada generasi milenial,” ucapnya kepada Gesuri seusai memberikan pembekalan kepada para caleg.

Basarah mengatakan, pembumian Pancasila kepada generasi milenial tidak bisa dilakukan dengan cara-cara konvensional, seperti disajikan dalam literasi dan disampaikan lewat lisan atau penataran.

“Itu harus lebih sesuai dengan konteks dan selera anak muda, tidak bisa disampaikan secara konvensional, kaku. Tetapi disimulasikan dalam praktik kehidupan yang bisa mengikuti gaya hidup anak muda tanpa kehilangan ruhnya,” jelasnya.

Karena itu, Basarah mengatakan, pihaknya akan meminta caleg-caleg yang familiar dengan dunia milenial terlibat aktif dalam proses pembumian Pancasila sebagaimana dimaksud.

“Mediumnya kita melibatkan teman-teman seperti mbak Kirana dan sebagainya untuk mentransfer pesan ideologi itu dengan cara yang gaul, dengan cara yang milenial, dengan cara yang mudah diterima oleh anak-anak muda,” ucapnya.

Namun, Basarah juga mengingatkan bahwa dalam proses pembumian itu jangan sampai mereduksi atau mengeleminasi substansi dari ideologi Pancasila.

“Tentu saja, tanpa kehilangan substansinya,” pungkasnya. www.gesuri.id

Berita Terkait

Author: DPD PDI PERJUANGAN JABAR

SITUS RESMI DPD PDI PERJUANGAN JAWA BARAT

Leave a Reply