487 Views

Jokowi Pidato ‘Game of Thrones’, PDI Perjuangan: Out of the Box

 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan analogi hubungan antarnegara maju ibarat serial ‘Game of Thrones’ di pertemuan IMF-World Bank. PDI Perjuangan memberi pujian kepada Jokowi.

“Penggunaan serial ‘Game of Thrones’ (GoT) sebagai analogi menggambarkan situasi dunia hari ini juga out of the box. GoT adalah serial TV yang ditonton puluhan juta orang di seluruh dunia. Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama, misalnya, adalah salah seorang yang menggemari GoT,” ujar Komite Kominfo DPP PDI Perjuangan Charles Honoris, Jumat (12/10/2018).

Charles membanggakan gaya kepemimpinan Jokowi yang dinilainya menyesuaikan zaman. Ia juga menyebut soal Jokowi yang selalu mengedepankan optimisme dalam memimpin negara. Gaya Jokowi, kata Charles, efektif untuk menggaet kaum muda yang biasanya dikenal tidak suka dengan dunia politik.

“Jokowi adalah potret pemimpin masa kini. Pemimpin yang berpikir optimistis, bukan menebarkan pesimisme. Beliau juga menggunakan referensi pop-culture kontemporer untuk menyampaikan pesan kepada publik. Saya yakin ini sangat efektif di tengah perkembangan anak muda/kalangan milenial yang cenderung apolitis,” ucapnya.

Isi pidato capres nomor urut 01 itu pun dianggap berkualitas. Atas pidatonya itu, Jokowi memang mendapat banyak pujian dari peserta IMF-World Bank.

“Pidato Presiden Jokowi dalam acara pertemuan IMF-World Bank mendapatkan apresiasi dari banyak pihak baik dari dalam maupun luar negeri. Secara substansi, pidato Presiden sangat relevan dengan kondisi geopolitik global hari ini,” sebut Charles.

Anggota Komisi I DPR RI, yang salah satu tugasnya terkait hubungan internasional, itu menyebut Jokowi berhasil menempatkan posisinya sebagai salah seorang pemimpin dunia. Charles mencoba menangkap pesan yang ingin disampaikan Jokowi.

“Sebagai seorang pemimpin dunia yang mengajak masyarakat internasional bekerja sama menghadapi berbagai rintangan dan tantangan yang dihadapi dunia hari ini, termasuk dalam situasi trade war China dengan AS,” tuturnya.

“Sebagai orang Indonesia, saya sangat bangga memiliki presiden yang bisa menggalang dunia internasional untuk berkontribusi positif bagi dunia,” sambung Charles.

Saat berpidato di IMF-World Bank, Jokowi mengingatkan pemimpin dunia bersiap menghadapi ketidakpastian global. Charles menyebut, Jokowi tak hanya concern pada keadaan dalam negeri, tapi juga situasi dunia.

“Pak Jokowi adalah presiden yang menaruh perhatian pada isu-isu global dan perdamaian dunia. Pemerintahan Jokowi sudah mengambil peran dalam upaya perdamaian dunia dan berbagai inisiatif global,” katanya.

Jokowi mengutip istilah ‘winter is coming‘ dari film ‘Game of Thrones’ untuk menggambarkan kondisi dunia. Pidatonya pun menuai pujian dari peserta IMF-World Bank.

“Perang dagang semakin marak dan inovasi teknologi mengakibatkan banyak industri terguncang. Negara-negara yang tengah tumbuh juga sedang mengalami tekanan pasar yang besar. Dengan banyaknya masalah perekonomian dunia, sudah cukup bagi kita untuk mengatakan bahwa winter is coming,” ujar Jokowi dalam plenary session IMF-WB 2018 di Nusa Dua Hall, Bali, Kamis (11/10).

“Namun akhir-akhir ini, hubungan di antara negara-negara ekonomi maju semakin lama semakin terlihat seperti ‘Game of Thrones’. Balance of power dan aliansi di antara negara-negara ekonomi maju sepertinya tengah mengalami keretakan,” imbuh dia. news.detik.com

Berita Terkait

Author: DPD PDI PERJUANGAN JABAR

SITUS RESMI DPD PDI PERJUANGAN JAWA BARAT

Leave a Reply