73 Views

PDI Perjuangan Berharap Komnas HAM Tuntaskan Kasus 27 Juli

Bagi keluarga besar PDI Perjuangan peristiwa 27 Juli 1996 bukan hanya sebatas penyerbuan kantor DPP PDI di Jalan Diponegoro 58, kejadian tersebut adalah bagian dari proses panjang pelanggaran HAM berat masa lalu. Demikian hal penting yang dikemukakan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto ketika mendatangi kantor Komnas HAM di Jakarta Pusat, Kamis (26/7/2018).

“Tidak hanya kasus 27 Juli, tapi juga persoalan-persoalan pada awal reformasi seperti kasus Semanggi, Trisakti, dan Tanjung Priok,” kata Hasto.

Dari hasil pertemuan dengan Komnas HAM, lanjut Hasto, PDI Perjuangan akan segera membuat surat resmi guna melaporkan dugaan pelanggaran HAM di masa lalu tersebut. Hasto mengharapkan laporan resmi yang akan diajukan kepada Komnas HAM dapat mempercepat pembentukan tim khusus yang menyelidiki kasus-kasus itu. Selain laporan resmi, PDI Perjuangan juga akan berdialog dengan Kejaksaan Agung dan Kepolisian RI.

“Kami prihatin berbagai peristiwa pelanggaran HAM tidak terselesaikan. Kami mengharapkan pihak-pihak saat itu, termasuk Bapak Susilo Bambang Yudhoyono daripada terus bicara tentang koalisi partai, lebih baik juga berbicara tentang arah masa depan bangsa ini dengan membuka apa yang sebenarnya terjadi. Karena beliau memegang informasi,” ujar Hasto. Saat peristiwa 27 Juli pecah, SBY menjabat sebagai Kepala Staf Kodam Jaya.

“Berbagai hal tersebut yang menimbulkan korban jiwa dapat diungkap dengan baik dan proses rekonsiliasi dijalankan dengan para korban,” ucap Hasto.

Hasto berharap kedatangan ke kantor Komnas HAM dapat memperoleh kepastian langkah hukum terkait penanganan kasus tersebut sehingga peristiwa itu tidak terjadi di kemudian hari.

“Itulah pada akhirnya kedatangan kami diharapkan diperoleh langkah politik, langkah hukum dan penanganan bagi korban dan bagaimana juga bangsa ini membangun proses rekonsiliasi agar tidak terjadi kembali,” jelas Hasto.

Ketua Bidang Hukum DPP PDI Perjuangan Trimedya Panjaitan dan Junimart Girsang hadir dalam pertemuan tersebut. Para fungsionaris Partai diterima oleh Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik, Sandrayati Moniaga, dan Amiruddin Alrahab. pdiperjuangan.id

Author: DPD PDI PERJUANGAN JABAR

SITUS RESMI DPD PDI PERJUANGAN JAWA BARAT

Leave a Reply