331 Views

Abdy Yuhana Minta Cagar Budaya Rancang Bangun Bung Karno Dikembalikan

Penyegelan bangunan heritage peninggalan Presiden RI pertama Soekarno lantaran di renovasi sembarangan, mengundang reaksi beragam.

Salah satunya dari Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Abdy Yuhana.  Menurut Abdy, Pemerintah Kota Bandung perlu secara aktif menjaga tempat yang menjadi cagar budaya.

“Apalagi bangunan tersebut memiliki nilai kesejarahan yang tinggi, karena rancang bangunnya langsung oleh Ir . Soekarno dan merupakan bagian dari merawat peradaban bangsa,” tutur Abdy, Selasa(24/7).

Ia menambahkan, agar tidak mengurangi nilai kesejarahan dan estetika. Pemkot Bandung harus mengembalikan bentuk bangunan seperti semula.

“Ini sebagai bentuk tanggung jawab Pemkot Bandung dalam menumbuhkan kesadaran akan sejarah,” imbuhnya.

Abdy mengatakan, untuk kedepannya Pemkot Bandung dan Pemprov Jabar harus menjaga dan merawat cagar budaya lainnya yang ada di Jawa Barat.

“Apa yang dilakukan Pemkot Bandung sudah tepat meskipun terlambat. Mestinya sejak awal antisipatif dengan proaktif,” cetusnya.

Pemerintah Kota Bandung menyegel bangunan heritage yang renovasinya melanggar aturan, karena merubah bentuk asli dari bangunan tersebut.

Terlebih bangunan yang dirancang oleh Presiden pertama Indonesia tersebut, kini yang masih berdiri tinggal 50 persen.

Bangunan yang terletak di depan Hotel Papandayan tersebut, dikelilingi oleh pagar seng dengan tinggi sekitar 2 Meter. rmoljabar.com

Berita Terkait

Author: DPD PDI PERJUANGAN JABAR

SITUS RESMI DPD PDI PERJUANGAN JAWA BARAT

Leave a Reply