460 Views

Puluhan Bacaleg PDI Perjuangan Ikuti Workshop IRI

DPD PDI Perjuangan Jawa Barat bekerjasama dengan International Republican Institute menggelar work shop  untuk para calon legislatif yang akan berlaga dalam Pemilihan Legislatif 2019, Jumat(20/7).

Pelatihan yang digelar di Hotel Luxton Jalan Ir. H. Djuanda ini bertajuk Indonesia – Third Round of Wigov Workshops Agenda dan menghadirkan Senator dari Partai Republik, Amerika Serikat, Senator David C Gaither serta Ashley Oakley dan Kerkan.

Dalam kesempatan tersebut David memaparkan peran dan tugas dari anggota legislatif yang bakal duduk di Dewan Perwakilan Rakyat.

“Anggota legislatif harus mengembangkan prioritas, mampu melakukan fungsi pengawasan dengan melibatkan masyawarat serta menjawab kebutuhan konstituen,” kata David saat memberikan paparannya.

Calon anggota legislatif, kata David, jangan terlalu banyak berjanji, namun banyaklah berbuat. Anggota legislatif juga harus menjadi orang pertama yang memberikan informasi tentang kebijakan pemerintah.

“Kuasai semua masalah di daerah pemilihan, namun bila terpilih fokus pada satu atau dua permasalahan yang kita kuasai dan perdalam hal tersebut,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, David juga memaparkan tentang peran anggota dewan dalam pengawasan dan anggaran serta penjangkauan dan pelibatan konstituen dalam kepemerintahan.

Workshop tersebut juga ramai diwarnai dengan pertanyaan dari para calon legislatif, diantaranya Memo Hermawan yang merupakan mantan Bupati Garut.

Memo mempertanyakan apakah di Amerika yang hanya terdiri dari dua partai yakni Partai Republik dan Demokrat harus selalu mendukung kebijakan eksekutif.
“Saat Donald Trump mengambil satu kebijakan yang salah, tapi tak ada protes dari kedua partai tersebut. Ini artinya, legislatif di AS juga mendukung keputusan presiden meskipun salah,” ujarnya.
 
Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Abdy Yuhana mengungkapkan workshop ini digelar secara rutin menjelang pemilihan legislatif.
Tujuannya, kata Abdy, untuk memberikan wawasan seputar tugas dan fungsi legislatif serta strategi bagaimana memenangkan Pileg.
“Terutama bagi kader PDI Perjuangan yang baru pertama kali maju dalam pemilihan legislatif,” tandasnya. rmol.jabar.com

Berita Terkait

Author: DPD PDI PERJUANGAN JABAR

SITUS RESMI DPD PDI PERJUANGAN JAWA BARAT

Leave a Reply