979 Views

Memperingati Hari Lahir Bung Karno, PDI Perjuangan Jawa Barat Buka Bersama di Jalan Soekarno

MEMPERINGATI Hari Lahir Bung Karno, DPD PDIP Jawa Barat bersama sukarelawan pasangan Tb Hasanuddin-Anton Charliyan Amanah (Hasanah) menggelar buka puasa bersama warga di Jalan Sukarno Kota Bandung, Rabu 6 Juni 2018. Selain untuk mengambil nilai dari ketokohan Bung Karno, kegiatan ini sekaligus menjadi kesempatan untuk berbagi dengan sesama.

“Kami mensyukuri hari lahir Bung Karno, dan salah satu wujudnya kami mengadakan acara makan bersama. Dalam kultur budaya Jabar yang disebut bancakan,” ujar Sekretaris DPD PDIP Jawa Baray Abdy Yuhana di sela kegiatan.

Abdy menambahkan, bulan Juni biasa disebut sebagai bulannya Bung Karno. Dalam bulan ini memang terjadi berbagai peristiwa penting yang melibatkan Bapak Pendiri Bangsa, Soekarno. Beberapa peristiwa yang terjadi di antaranya 6 Juni 1901 sebagai hari kelahiran sosok Proklamator.

Selain itu, ada tanggal 1 Juni 1945 yang menjadi momentum Soekarno menyampaikan pidato di depan Sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau BPUPKI tentang Dasar Negara yang kemudian dikenal dengan Pancasila. Pada bulan ini juga Presiden Pertama RI itu wafat, tepatnya tanggal 21 Juni 1971.

Lebih lanjut Abdy menuturkan, melalui kegiatan tersebut pihaknya juga ingin mengajak masyarakat. Khususnya yang tinggal di Kota Bandung untuk mencoblos pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Jabar, TB Hasanuddin-Anton Charliyan. Atau yang dikenal dengan nama pasangan Hasanah, pada 27 Juni 2018 mendatang.

“Kenapa kami mengajak masyarakat mencoblos Hasanah? Karena ada dua harapan dari pasangan ini. Yang pertama, kita tahu track record Kang Hasan dan Kang Anton yang tidak lagi diragukan. Keduanya lengalaman di pemerintahan maupun kedinasan. Kang Hasan merupakan jenderal TNI dan Kang Anton jenderal polisi, keduanya sangat berpengalaman,” ujar Abdy.

Harapan kedua yaitu soal program yang diusung oleh pasangan Hasanah, yakni 7 program unggulan. Program tersebut yaitu JabarCageur, JabarSeubeuh, ImahReumpeg, SakolaGratis, BogaGawe, Turkamling Budaya dan Molototcom.

“Karena itu kami mengajak masyarakat memilih Hasanah. Pasangan ini memiliki spirit Pancasila, tidak membeda-bedakan. Kami pun akan terus konsolidasi untuk memenangkan pasangan Hasanah, termasuk menggiring masyarakat menggunakan hak pilihnya tanggal 27 Juni nanti,” ujar Abdy.

Lampu Hasanah

Sebelumnya, kader PDIP di Jawa Barat melakukan bakti sosial berupa “Lampu Hasanah” di Dusun Tanjakan Meja Desa Kutanagara Kecamatan Ciampel Kabupaten Karawang. Dengan teknologi aki, masyarakat bisa menikmati aliran listrik.

“Alhamdullilah untuk saat ini kita bisa mengaliri 50 rumah warga,” kata Margono, kader PDI Perjuangan Ciampel.

Lampu Hasanah menggunakan lampu LED yang suistanable. 1 Paket Lampu Hasanah terdiri dari 5 lampu dengan keterangan masing masing 10 Watt Lampu biasa dengan bantuan Aki 35 Ah yang juga bisa digunakan untuk mengisi ulang daya ponsel.

Margono mengatakan inisiatif tidak terlepas dengan kondisi masyarakat Tanjakan Meja yang belum sepenuhnya teraliri listrik.  Padahal rumah mereka tidak jauh dari kawasan Industri. Dengan kondisi seperti itu, dia kemudian berdiskusi dengan Anggota DPC PDI Perjuangan Karawang dan Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar Tb Hasanuddin yang juga Calon Gubernur Jabar.

“Kemudian Kang Hasan mendatangi desa yang tak jauh dari Pusat Industri itu. Beliau merespon dengan tawaran teknologi yang sederhana yang murah dan bisa terealisasikan tanpa menunggu lama,” kata Margono.

Sementara itu TB Hasanuddin yang biasa disapa Kang Hasan mengemukakan, Peringatan Kelahiran Pancasila dan Bulan Bung Karno harus diisi dengan kegiatan kegiatan positif dan bukan seremonial.

“Kami ingin memberikan contoh bahwa setelah sekian tahun kita merdeka masih banyak yang belum teraliri listrik. Kita harus memberikan solusi, contohnya yang dilakukan oleh kader kader PDI Perjuangan ini,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, apa yang dilakukan oleh kader kadernya di Karawang adalah bentuk pengamalan Pancasila yang mampu menyebarkan virus keadilan sosial. “Harapannya semua bisa mengikuti kawan kawan di Karawang, terutama pemerintah yang memiliki kewenangan,” katanya. Pikiran-Rakyat.com

Berita Terkait

Author: DPD PDI PERJUANGAN JABAR

SITUS RESMI DPD PDI PERJUANGAN JAWA BARAT

Leave a Reply