58 Views

Kang Hasan dan Milenial Bandung Ngobrol Santai Tentang Pancasila

Momen Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni, dimanfaatkan oleh komunitas milenial Kota Bandung, untuk menggelar talkshow seputar pemahaman Pancasila bagi generasi muda saat ini.

Komunitas yang tergabung dalam Student Hits Paris Van Java (SHPVJ) tersebut, mengundang beberapa pembicara dari berbagai kalangan, mulai dari Enterpreuneur hingga Politisi Hasanuddin atau akrab disapa Kang Hasan.

Kang Hasan yang saat ini mencalonkan diri sebagai Gubernur Jawa Barat nomor urut 2 menyampaikan, pentingnya pemahaman Pancasila sebagai dasar kehidupan berbangsa dan bernegara bagi generasi muda Indonesia sebagai penerus pembangunan daerah maupun bangsa.

Menurut Purnawirawan Jendral TNI AD tersebut, Pancasila bukan hanya harus dipahami, tapi juga diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Ke-lima sila tersebut, tidak bisa dipisahkan satu sama lain, punya keterkaitan dalam kehidupan mulai dari ketuhanan, hubungan manusia hingga berkeadilan,” ungkapnya saat saat menjadi pembicara pada kegiatan Talkshow dan Buka Puasa Bersama komunitas pelajar SHPVJ bertemakan Buka Pancasila” Bersama, di Click Square, Kota Bandung, Jumat (1/6).

Jendral Bintang Dua yang pernah bertugas di hampir seluruh daerah di Indonesia itu menegaskan, generasi milenial juga harus turut serta dalam menolak paham-paham radikalis yang saat ini berkembang di masyarakat.

Perkembangan teknologi saat ini, lanjut Kang Hasan, harus digunakan secara bijak dengan memastikan kebenaran informasi yang beredar bisa dipertanggungjawabkan.

“Generasi Milenal jangan mudah termakan hoax, apalagi ikut share informasi yang tidak valid, jangan mau di adu domba,” tegasnya.

Sementara itu, Anggota Komisi 9 DPR RI, Fraksi PDI Perjuangan, Ketut Sustiawan, yang menjadi salah satu pembicara mengatakan, generasi muda sebagai tonggak pembangunan bangsa, perlu dirangkul untuk mensosialisasikan paham Pancasila, agar tidak terjerumus kepada hal-hal yang akan merusak masa depan.

“Paham radikalis juga mengincar anak-anak muda sebagai sasarannya, sehingga milenial ini perlu dirangkul dengan melakukan hal positif dan Pancasilais,” terangnya.

Disisi lain, Ketua SHPVJ, Fahrein mengatakan, kegiatan tersebut merupakan hal positif bagi kaum muda seperti dirinya, agar lebih memahami Pancasila dan berkontribusi dalam menjaga keutuhan NKRI.

Menurut dia, dengan hadirnya pembicara dari sosok militer seperti Kang Hasan, memudahkan anak anak muda menerima konsep Pancasila.

“Apa yang disampaikan Kang Hasan tadi soal pemahaman dan Pengamalan Pancasila mudah diterima oleh anak muda untuk lebih Pancasilais, beliau juga sosok nasionalis dan cocok memimpin Jawa Barat,” pungkasnya.

Selain SHPVJ, Pada kesempatan tersebut hadir berbagai komunitas anak muda lainnya seperti komunitas musik, Banteng Muda Indonesia (BMI), hingga Mojang Jajaka Kota Bandung.

Selain diskusi, acara tersebut diisi dengan pentas musik dan penampilan hiburan lainnya.

Author: DPD PDI PERJUANGAN JABAR

SITUS RESMI DPD PDI PERJUANGAN JAWA BARAT

Leave a Reply