1129 Views

Jurus Kang Hasanuddin Kikis Kesenjangan jika Kelak Pimpin Jabar

Kang HasanuddinKesenjangan ekonomi terutama di wilayah perdesaan jadi perhatian serius Calon Gubernur Jawa Barat (Jabar) Kang Hasanuddin. Menurutnya, kesenjangan ekonomi di perdesaan tak lepas dari ketiadaan pembinaan yang tepat bagi warga desa dalam menumbuhkan perekonomian.

Calon gubernur Jabar dari PDI Perjuangan itu menuturkan, pembangunan infra dan suprastruktur di desa punya andil penting bagi kemajuan daerah. Sebab, desa yang maju menjadi tolok ukur keberhasilan seorang pemimpin dalam menyejahterakan masyarakat.

“Setiap tahun ada alokasi dana desa. Itu akan kita manfaatkan untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat desa,” ujar Kang Hasan -panggilan akrab Kang Hasanuddin- saat bersilaturahmi dengan masyarakat Desa Lemahabang, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Senin (28/5).

Purnawirawan TNI AD dengan pangkat terakhir mayor jenderal itu menegaskan, jika kelak terpilih memimpin Jabar akan menambah dana desa untuk memaksimalkan potensi usaha di perdesaan. Harapannya, masyarakat desa tidak melakukan urbanisasi ke kota untuk mendapatkan pekerjaan.

“Melalui dana desa, kita ciptakan lapangan kerja sesuai potensi daerahnya, jadi masyarakat desa tidak perlu berbondong bondong ke kota,” tuturnya.

Lebih lanjut Hasanuddin mengatakan, fokus membangun desa juga sejalan dengan semangat Nawacita yang digagas Presiden Jokowi. Merujuk Nawacita maka upaya memajukan Indonesia dilakukan dengan membangun daerah pinggiran dan perdesaan.

Kang Hasan meyakini setiap desa memiliki potensi yang bisa diangkat baik di bidang pertanian, budaya, bahkan pariwisata. “Sehingga muncul kemandirian ekonomi,” ujarnya.

Untuk itu, Kang Hasan juga akan menguatkan koordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota di Jabar dalam menggarap perdesaan. Sebab, hal penting dalam memajukan desa adalah kekompakan.

“Kalau desanya maju, daerahnya pasti maju. Tentu butuh kekompakan antara pemerintah kabupaten/kota yang memang bersentuhan langsung,” pungkasnya.(ian/rmol/jpg). JPNN.com

Berita Terkait

Author: DPD PDI PERJUANGAN JABAR

SITUS RESMI DPD PDI PERJUANGAN JAWA BARAT

Leave a Reply