102 Views

Masyarakat Jabar Selatan Belum Merasakan Dampak Pembangunan

Kemajuan pembangunan daerah di Jawa Barat (Jabar) selayakanya dirasakan oleh seluruh masyarakatnya, tak terkecuali masyarakat di wilayah selatan. Pasalnya, hingga saat ini masyarakat di selatan Jabar belum merasakan pembangunan secara utuh, baik di bidang ekonomi, pendidikan, hingga infrastruktur.

Hal itu yang menggerakkan calon gubernur Jawa Barat nomor urut dua, Hasanuddin (Kang Hasan) kerap berkunjung ke wilayah selatan Jabar. Kedatangannya ke sana untuk mengetahui dan mendengar langsung keluhan warga. Untuk itu, pada Selasa (1/5), Kang Hasan kembali berkunjung ke selatan Jabar, yakni ke Kecamatan Simpenan, Tegal Buleud, dan Ujung Genteng, yang ada di Kabupaten Sukabumi. Agenda kampanye itu bertema Pajajaran Anyar.

“Saya ingin membangkitkan roh dan semangat Kerajaan Pajajaran yang mampu mempersatukan Sunda dan memakmurkan rakyatnya. Ini yang membuat saya termotivasi untuk melakukan perjalanan ke selatan Jabar,” ujarnya.

Di Kecamatan Tegal Buleud terdapat situs Raja Pajajaran Raga Mulya. Menurut cerita dan literatur yang ada, Prabu Siliwangi pada sekitar tahun 1579 pernah mengungkapkan bahwa Kerajaan Pajajaran berakhir pada tahun itu. Kelak, 500 tahun kemudian, akan ada yang meneruskannya.

“Dari Pajajaran akan bangkit menjadi Pajajaran Anyar. Jawa Barat yang maju, takwa, makmur, modern, dan damai, sehingga sejajar dengan daerah-daerah lain. Jabar bagian timur sudah saya datangi. Jabar Selatan sudah, sekarang bagian barat Jabar selatan. Saya ingin betul-betul mendengar suara rakyat,” ujar purnawirawan Jenderal TNI AD itu.

Kang Hasan memaparkan, wilayah Jabar selatan bagian barat masih mengalami berbagai permasalahan yang harus segera diselesaikan. Persoalan yang masih ada di sana adalah infrastruktur jalan yang belum memadai, pendidikan, hingga ketersediaan listrik yang sangat minim. Padahal, Jabar selatan memiliki berbagai sumber daya alam yang potensial untuk diolah.

“Hal-hal tersebut harus dicarikan solusinya. Dengan menyambangi masyarakat di sana (Jabar selatan bagian barat), saya bisa memahami situasi, kondisi, dan apa saja yang harus dilakukan,” ujar dia.

Menurut Kang Hasan, masyarakat selatan Jabar berhak merasakan dampak positif dari pembangunan, selayaknya masyarakat di wilayah utara Jabar. Bersama calon wakilnya, Anton Charliyan (Kang Anton), dia akan memberikan jaminan kepada warga Jabar dengan program yang digulirkannya.

“Kami memiliki program Boga Gawe untuk mengurangi pengangguran dan Sakola Gratis agar anak-anak kita bisa sekolah tanpa bayaran,” tuturnya. Jika terpilih, dia juga akan berkoordinasi dengan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang giat membangun infrastruktur untuk mewujudkan “Jalur Rajawali” yang telah disiapkan.

“Kami ingin membangun infrastruktur yang terintegrasi dengan jalur kereta api, Jalan Raya Jawa Barat Lintas atau Jalur Rajawali,” kata pria yang pernah menjadi ajudan Presiden BJ Habibie itu. Kang Hasan akan berada di wilayah tersebut selama dua hari dan bertemu dengan sejumlah tokoh agama, masyarakat, pemuda, dan Presidium Pemekaran yang ingin memekarkan Kabupaten Jampang di Kecamatan Surade.

Author: DPD PDI PERJUANGAN JABAR

SITUS RESMI DPD PDI PERJUANGAN JAWA BARAT

Leave a Reply