1232 Views

Peringatan Sumpah Pemuda Momentum Generasi Muda Bangun Jabar

Sumpah Pemuda merupakan tonggak awal lahirnya bangsa Indonesia, sekaligus merupakan alat pemersatu bangsa ini.

Para pemuda di masa itu, berjuang mempertaruhkan jiwa raganya demi mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia yang tertindas oleh penjajahan selama ratusan tahun

Para pemuda kemudian menyatukan diri mereka dalam tumpah darah yang satu, bangsa yang satu, dan bahasa yang satu, yakni Indonesia pada tanggal 28 Oktober 1928. Sejak saat itulah tanggal 28 Oktober selalu diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda sampai sekarang.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini merupakan momen penting bagi Jawa Barat. Semangat nasionalisme generasi muda diharapkan dapat memberikan semangat untuk membangun provinsi dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia ini.

“Jawa Barat memiliki potensi sumber daya alam dan manusia yang cukup besar. Apalagi dengan letak geografis yang cukup strategis Jawa Barat mampu berkembang pesat jauh dari sekarang ini, ” kata bakal calon gubernur Jawa Barat,  Abdy Yuhana kepada RMOLJabar,  Jumat(27/10).

Ia menambahkan,  maju atau mundurnya suatu bangsa ditentukan oleh semangat nasionalisme generasi muda.

“Seluruh generasi muda harus memiliki orientasi ke depan agar potensi yang dimiliki Jabar dapat dieksplor lebih maksimal,” tuturnya.

Abdy juga mengingatkan, generasi muda saat ini harus makin memperkokoh persatuan dan rasa nasionalisme, karena itulah yang menjadi modal sosial Indonesia.

Agar semakin kokoh dan setara dengan bangsa lain, lanjut Abdy, generasi Indonesia kekinian harus mampu meminimalisir segala macam hal yang menonjolkan perbedaan.

“Atas kesadaran itu lah kita sebagai sebuah bangsa mampu melihat ke depan” kata dia.

Ditegaskan Abdy, generasi muda merupakan tulang punggung bagi sebuah negara. Bahkan hampir di seluruh negara, ujarnya, memfokuskan pembangunan yang berorientasi pada penguatan sumber daya manusia.

“Generasi muda bangsa ini diharapkan mampu meningkatkan rasa nasionalisme dan partisipasi dalam mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pemuda 88 tahun yang lalu. Tidak hanya sebatas mengenang peristiwa Sumpah Pemuda tetapi kita pun harus mengembangkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan kita, terutama bagi perkembangan bangsa Indonesia. Kita juga diharapkan mampu membawa bangsa Indonesia menuju masa depan yang baik,”tandas politisi PDI Perjuangan ini. RMOLJABAR.COM

Author: DPD PDI PERJUANGAN JABAR

SITUS RESMI DPD PDI PERJUANGAN JAWA BARAT

Leave a Reply