1478 Views

Koalisi Banteng dan Beringin Sepakati Pengusungan Paket di 3 Daerah

Koalisi PDIP-Golkar mulai melakukan langkah strategis untuk pemenangan pilkada di beberapa daerah di Jawa Barat.

Bahkan koalisi Banteng dan Beringin ini pun telah menyepakati pengusungan paket di 3 daerah peserta pilkada serentak 2018 Jawa Barat.

Kesepakatan tersebut terjalin dalam rapat koordinasi tim 5 yang berisi para pengurus DPD PDIP dan Golkar Jabar di Kantor DPD Partai Golkar Jabar Jalan Maskumambang, Bandung, Rabu (16/8).

Mereka sepakat untuk pengusungan paket di 3 daerah peserta pilkada serentak di Jabar. Yakni Kota Banjar, Ciamis dan Sumedang.

Sekretaris DPD PDIP Jabar Abdy Yuhana mengatakan kesepakatan ini merupakan tindak lanjut kesepahaman PDIP bersama Golkar di Pilkada Serentak.

“Tiga daerah Ciamis, Banjar, Sumedang yang diputuskan hari ini. Jangan banyak-banyak dulu,” katanya.

Abdy menambahkan, dalam kesepakatan paket tersebut ada beberapa point yang dibahas, diantaranya untuk 3 daerah ini memastikan untuk Ciamis akan mengusung calon bupati dari Golkar sementara PDIP calon wakil bupati. Untuk Sumedang, koalisi menetapkan tiket calon bupati untuk PDIP dan calon wakilnya Golkar.

“Untuk Kota Banjar nomor 1 Golkar, PDIP nomor 2-nya,” tegasnya.

Tiga daerah ini ditetapkan lebih dulu menurut Abdy karena sudah berdasarkan hasil riset dan survei kedua belah pihak. Dengan menetapkan paket maka sejak saat ini kedua partai bisa melakukan konsolidasi di daerah.

“Hari ini diputuskan sama. Januari sama. Kenapa tidak dari sekarang,” katanya.

Hal senada pun diungkapkan, Ketua DPD Golkar Jabar Dedi Mulyadi. Dia memastikan paket untuk 3 daerah ini tidak akan diotak-atik lagi. Kedua partai akan kembali membahas paket di sisa daerah yang lain dalam rapat rutin mendatang.

“Yang 3 daerah sudah selesai, dan akan terus ke daerah lain,” tuturnya.

Dedi yakin dengan soliditas kedua partai yang dijalin sejak saat ini kemungkinan koalisi ini bisa merebut 14 kemenangan dari 16 kabupaten/kota yang menggelar Pilkada Serentak nanti.

“Kita punya optimisme kalau kerja keras bisa 14 (daerah) atau mungkin 14,5 bisa lebih. Tapi komposisi sudah jelas,” ujarnya.

Dalam sisa paket 13 daerah komposisi yang terbentuk sesuai hasil survei bisa merupakan pasangan Golkar-Golkar atau PDIP-PDIP dan komposisi keduanya. “Kami baru merekomendasikan paket partainya bukan nama calonnya. Nama nanti seiring keputusan, tapi kemungkinan dalam rapat berikutnya kita umumkan,” katanya.

Meski sudah menetapkan paket Dedi memastikan pihaknya tidak menutup pintu untuk partai lain bergabung sepanjang mendukung calon yang mereka usung.

“Semuanya memiliki spirit keterbukaan kalau partai lain mendukung calon yang kami usung, kami terbuka. Sebanyak-banyaknya partai bergabung,” tandasnya. RMOLJABAR

Berita Terkait

Author: DPD PDI PERJUANGAN JABAR

SITUS RESMI DPD PDI PERJUANGAN JAWA BARAT

Leave a Reply