1505 Views

DPC PDI PERJUANGAN KAB. CIAMIS, SIAP HADAPI PILGUB & PILBUP 2018

15996248_449296862126604_1524002869_nPDIPERJUANGAN-JABAR.COM Sebagai ujung tombak partai, keberadaan pengurus Ranting dan Anak Ranting menjadi perhatian khusus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Ciamis. Karena merekalah, eksistensi partai menjadi lebih nampak. Karenanya, membangun konstruksi komunikasi dengan kepengurusan di tingkatan tersebut mutlak dibutuhkan.

Pernyataan tersebut disampaikan Wakil Ketua Bidang Organisasi DPC PDI Perjuangan Kabupaten Ciamis, Wawan Setiawan. “Setelah terbentuknya struktur Anak Ranting dan Ranting, maka kerja PAC dan DPC lebih efektif. Kami sebagai pengurus DPC dapat lebih terarah dalam penyampaian intstruksi dan informasi ke bawah” ungkap Wawan seraya menambahkan, sejatinya di tingkatan merekalah kekuatan partai yang real berada (machtvorming-red ), karena di situlah karakteristik PDI Perjuangan sebagai partai kader ditunjukan.

Dalam pandangan Wawan, mereka adalah motor penggerak partai. “Oleh karena itu, kami selalu merawat Ranting dan Anak Ranting, dengan cara menjalin komunikasi baik secara langsung maupun lewat media sosial. Terutama penyampaian materi untuk counter isu kepada masyarakat terkait berita-berita yang menyudutkan partai” tandas politisi yang juga Bendahara Badan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan DPD PDI Perjuangan Jawa Barat ini sambil meyakinkan, bahwa regulasi organisasi di Kabupaten Ciamis sudah berjalan amat baik.

Terkait dengan penyelenggaraan Kaderisasi Tingkat Pratama (KKP) beberapa waktu lalu, mantan Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Tehnik Mesin Politehnik ITB ini berpendapat, dampak positif dari diselenggarakannya KKP sangat banyak.

“Dalam KKP kader kami mendapat wawasan dan materi yang sangat berguna, salah satunya pemahaman tentang pemetaan politik, sehingga mereka dapat setiap saat bisa memantau konstelasi sosial politik yang berkembang, sehingga dapat memberikan informasi akurat kepada DPC” papar ayah tiga putra ; Bramantio Haryo Setiawan, Ardi Karsa Wiguna dan Momhamad Nauval Assidiq, dari buah perkawinanya dengan Imas Sri Sumarni.

Dalam konteks konsolidasi, lanjut Wawan, kader yang sudah mengikuti KKP lebih percaya diri dan militan karena mereka menjadi fasih menerangkan tentang tujuan partai, plat form partai dan visi misi partai. “KKP mengajarkan tentang ideologi partai, sehingga menjadi mengerti tentang Pancasila 1 Juni 1945.

Ini sangat penting, karena mereka menjadi lebih percaya diri menyosialisasikan ideologi Pancasila 1 juni 1945 yang memiliki ikatan historis dengan Trisakti Bung Karno dan Nawacita, yang secara substantif berbanding lurus dengan visi misi partai” beber Wawan.16118555_449296898793267_731706195_n

Lebih jauh politisi plus pengusaha (Direktur Utama PT. PUPENLAB Indonesia—red) ini menguraikan, terkait tuduhan penistaan agama yg dilakukan Basuki Cahaya Purnama (Ahok), pihaknya intensif melakukan counter di masyarakat, baik berinteraksi langsung, lewat medsos ataupun alat propaganda lainnya. “ Berkaca dari kejadian long march-nya elemen umat Islam asal Ciamis, maka kami semakin memperkuat dan lebih bekerja keras lagi terjun ke masyarakat di bawah menyosialisasikan Pancasila 1 Juni. Kami tak mau kejadian itu terulang lagi” katanya.

SIAP HADAPI PILGUB JABAR & PILBUP CIAMIS 2018 Berkaitan dengan pelaksanaan Pilgub Jabar dan Pilbup Ciamis 2018 mendatang, Wawan menegaskan, dengan para petugas partai yang ada baik di eksekutif maupun legislatif, pihaknya sangat siap menghadapi kontestasi tersebut. Meski demikian, ia tak mau over confidence. “Kami di Ciamis empat kali berturut-turut sebagai partai pemenang Pemilu.16111357_449326925456931_1614512458_n

Tapi itu semua tidak membuat kami jumawa. Kami tetap bekerja keras bahu membahu dan selalu berkoordinasi baik ke bawah maupun ke lembaga partai di atas” tandas Wawan sambil menegaskan, dengan kekuatan itu diharapkan bisa mendikte “permainan”, dan tidak perlu meminjam “kelereng” kepada partai lain, dan tidak mau meminjamkan “kelereng” kepada pemain lain, tapi hal itu tak mengurangi kewaspadaan dan tidak mau lengah. “ Kami selalu mencermati gerakan dan strategi lawan. Intinya yang mau bekerjasama dengan dan tidak neko neko, kita ajak koalisi.

Tetapi jika tidak mau gabung, ya, kita ajak bertanding di pilkada nanti” tegasnya. Disinggung tentang program DPC Kabupaten Ciamis, Wawan menyatakan, sebenarnya semua upaya positif sudah dan sedang dilakukan karena penetrasi di semua dapil berbeda. “Beberapa programnya antara lain, merawat dan mempertahankan kemenangan, diantaranya saja kami melakukan pelayanan terhadap masyarakat yang sakit dengan cara pelayanan ambulans, sosialisasi dan pemmbagian benih padi MSP kepada para petani, propaganda, doktrinasi dan edukasi politik kepada masyarakat, melakukan event olah raga, pengajian ke mesjid-mesjid, bantuan bencana alam, program bantuan waluya/walagri, penyuksesan pilkades/pilkadus, gelar budaya kesenian lokal, dan yangg sedang dirancang sekarang yakni program pemberdayaan ekonomi kerakyatan” terangnya.

HARAPAN KANG WAWAN Lebih khusus, pria tampan kelahiran Ciamis 8 Desember 1973 ini berharap, Kursus Kader segera dituntaskan dan ditingkatkan menjadi Sekolah Partai yang di dalamnya tidak hanya memuat kurikulum tentang ideologi dan pelajaran organisasi, tetapi juga pengetahuan tentang tata kelola pemerintahan berikut pengetahuan tentang sistem anggaran.

“Tantangan yang dihadapi partai ke depan akan semakin berat dan beragam. Partai sebagai agen perubahan dan pemasok pejabat negara, harus menyiapkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas” ujar Wawan. Fakta menunjukkan, sambung Wawan, eksekutif maupun yudikatif memiliki SDM yang baik. Mereka sudah terdidik, terlatih dan menguasai anggaran dan hukum. “Banyak kader-kader kita yang terjerat hukum. Mungkin karena kelemahan di aspek itu” katanya. Dalam pengamatan Wawan, partai sebagai agen dan pemasok pejabat negara sudah barang tentu membutuhkan dana besar untuk mencetak kader-kader calon pejabat yg berkualitas. Maka seyogyanya pemerintah harus menaikan dana pembinaan partai. ** bung suy/media perjuangan

Berita Terkait

Author: DPD PDI PERJUANGAN JABAR

SITUS RESMI DPD PDI PERJUANGAN JAWA BARAT

Leave a Reply