2778 Views

Rohayati Resmi Gantikan Agus Kurniawan Sebagai Anggota DPRD Kabupaten Cirebon


2

PDIPERJUANGAN-JABAR.COM – Politisi perempuan PDI Perjuangan dari Dapil IV, Rohayati, resmi menjadi anggota DPRD Kabupaten Cirebon menggantikan H. Agus Kurniawan Budiman yang mengundurkan diri beberapa waktu lalu. Pengambilan sumpah yang berjalan lancar ini dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, H. Mustofa, SH. “Ini sesuai dengan surat pimpinan partai politik perihal PAW.

Pergantian ini tidak ada masalah apapun, yang bersangkutan (Agus Kurniawan Budiman, red) mengundurkan diri,” ujar Mustofa sesaat usai Rapat Paripurna Istimewa DPRD Peresmian dan Pengambilan Sumpah/Janji Anggota DPRD Kabupaten Cirebon PAW 2014-2019 di Gedung DPRD Kab. Cirebon, Kamis siang (05/01) Seperti diketahui, Agus Kurniawan Budiman secara resmi telah menyatakan mengundurkan diri sebagai anggota DPRD. Latar belakang pengunduran dirinya, karena dia dipercaya masyarakat di Desanya untuk menjadi Kepala Desa.

Sesuai ketentuan yang ada, peraih suara terbanyak di bawah Agus lah yang berhak menggantikannya. Rohayati adalah calon anggota legislatif dari Dapil IV yang menempati peringkat ketiga setelah H. Yoyo Siswoyo dan Agus Kurniawan. saat ditanya usai acara menyatakan, sebagai kader partai, dirinya harus siap menerima amanah ini.

Siapa Rohayati ? Kesan awal saat baru bertemu dengannya adalah; ia hanya seorang ibu rumah tangga biasa, yang kesehariannya disibukkan dengan pelbagai urusan rumah, dari mulai mengurus anak-anak, melayani suami hingga tetek bengek terkait tugas seorang istri. Tetapi penilaian tersebut sedikit demi sedikit “bergeser”.

Tak salah memang ketika menilainya sebagai ibu rumah tangga, karena ia begitu adanya. Namun saat ia mulai berbicara soal nasionalisme, marhaenisme, ideologi dan dinamika kepartaian, maka kita pun akan tersadar; bahwa yang dihadapi bukanlah ibu rumah tangga biasa. Betapa tidak, statemen-statemennya begitu lugas dan cerdas. Seperti pernyataannya tentang esensi politik. ” Politik buat saya bukanlah pertama-tama menciptakan ide, politik buat saya ialah menyusun suatu kekuasaan yang terpikul oleh ide. Hanya pikiran cerdas (machtsvorming) yang terpikul oleh ide itulah yang bisa mengalahkan segala musuh kaum marhaen” ungkapnya, mengutip salah satu pernyataan Bung Karno dalam buku Di Bawah Bendera Revolusi.

Selidik punya selidik, ternyata beliau bukanlah orang baru di PDI Perjuangan. Ia cukup lama di duduk di kepengurusan PAC Sumber, dan sekarang tercatat sebagai anggota Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPC PDI Perjuangan Kabupaten Cirebon. Bahkan, seperti dituturkannya, sejak kecil dirinya sudah terbiasa bergaul di lingkungan politik, terutama kalangan nasionalis. Tak berlebihan memang, karena dalam tubuhnya mengalir darah pejuang dan marhaenis sejati.

Betapa tidak, Tikok Mochammad Ichlas tokoh sentral dan Ketua Partai Nasional Indonesia (PNI) Cirebon di masa awal kemerdekaan RI, adalah Kakeknya. “Ya, tepatnya beliau adalah adik kandung kakek saya” ungkap Rohayati. Saat ditanya apa langkah-langkah selanjutnya, Rohayati menyatakan dalam konteks tugasnya sebagai legislator, ia akan segera bersosialisasi dengan lingkungan kerja di DPRD. “Secara teoritis saya sudah pelajari Tupoksi sebagai legislator.

Penerapannya, saya akan selalu berkoordinasi baik dengan pimpinan DPRD, pimpinan Fraksi dan DPC sebagai induk kami,” ungkap Rohayati dan menambahkan, ia akan berupaya maksimal dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat. Dalam konteks kepartaian, lanjut Rohayati, yang terpenting adalah perhatian kepada pengurus dan kader-kader di bawah, di PAC, di Ranting, di Anak Ranting. “ Mereka kan pejuang partai yang langsung berhadapan dengan konstituen. Makanya mereka harus diperhatikan” sambung Rohayati.

Lebih lanjut dikatakan, ia akan membuka kran komunikasi sebesar-besarnya dan memberikan motivasi sehingga mereka termotivasi melakukan langkah-langkah yang lebih besar demi kemajuan partai. “Berikutnya, berikan apresiasi positif atas apa yang telah diperjuangkan oleh mereka” katanya. Sementara itu, Ketua PAC Plered Kappa Sukanta menyatakan optimismenya perkembangan partai khususya di Dapil IV akan lebih maju. “Saya optimis PDI Perjuangan di Dapil IV akan lebih maju. Saya yakin terhadap komitmen Ibu Rohayati,” ungkap Kappa. Kappa pun menyarankan kepada pimpinan DPC, agar Rohayati diakomodir masuk ke struktural DPC. “Dari dulu saya memperjuangkan Rohayati masuk ke DPC.

Sekarang momennya telah tiba, di DPC ada pengurus perempuan yang mengundurkan diri, dan Rohayati resmi jadi anggota DPRD,” ungkap Kappa. Senada dengan Kappa, Wakil Ketua PAC Weru Indra Santoso menyatakan, konsistensi Rohayati andil dalam perjuangan partai sudah teruji sejak dulu. “Saya optimistis terhadap kinerja Ibu Rohayati ke depan,” papar Indra Santoso. Heru Budiyatna, koordinator Satgas Dapil IV berkomentar, sosok Rohayati dikenal merakyat dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi.

“Saya berharap, setelah jadi wakil rakyat, kepedulian beliau makin bertambah” ujar Heru seraya meminta Rohayati juga memperhatikan para anggota Satgas di Dapil IV. Pada bagian lain, pengurus PAC Plumbon Andi mengingatkan, agar Rohayati amanah dalam menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat. “Intinya amanah. Jalankan tugas sebagai wakil rakyat dengan baik. Dan lakukan pula pembinaan terhadap pengurus dan kader di bawah,” pungkas Andi. **

Author: DPD PDI PERJUANGAN JABAR

SITUS RESMI DPD PDI PERJUANGAN JAWA BARAT

One Response to "Rohayati Resmi Gantikan Agus Kurniawan Sebagai Anggota DPRD Kabupaten Cirebon"

  1. the dark side Posted on 04/12/2017 at 12:12 am

    komisi berapa ibu rohayati?

Leave a Reply