9263 Views

PDI Perjuangan Calonkan Artis Dicky Chandra Jadi Wali Kota

lambang_160112020532Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Abdy Yuhana mengatakan, partainya menyiapkan sejumlah kejutan dalam pilkada serentak di Jawa Barat tahun ini. “Contohnya di Kota Tasikmalaya kami akan dorong Dicky Chandra,” kata dia saat dihubungi Tempo, Senin, 19 September 2016.

Abdy mengatakan, Dicky yang berlatar belakang artis dan sempat menduduki posisi wakil bupati Garut dari jalur perseorangan bersama Aceng Fikri dinilai tokoh yang pas untuk ditempatkan di Kota Tasikmalaya. “Dicky Chandra ini punya pengalaman di pemerintahan, elektabilitasnya tinggi, penerimaannya juga bagus. Dia bukan hanya mengandalkan popularitas,” kata dia.

Menurut Abdy, rekam jejak Dicky yang sempat mengundurkan diri dari jabatannya sebagai wakil bupati Garut meninggalkan bupati Garut kala itu, Aceng Fikri, dinilainya justru plus. “Apa yang dilakukan Dicky Chandra pada dasarnya pilihan bagus pada saat dia mau fokus di entertainment, dia harus fokus. Jadi jangan entertainment jalan, jadi kepala daerah jalan seperti yang terjadi sekarang di Jawa Barat, itu gak boleh, harus konsisten dan konsekuen pada pilihan yang diambilnya. Makanya kita mengapresiasi Dicky Chandra fokus di entertainment,” kata dia.

Abdy masih merahasiakan posisi Dicky Chandra serta pasangannya dalam pilkada Kota Tasikmalaya, salah satu dari tiga daerah yang melaksanakan pilkada serentak di Jawa Barat tahun ini. Keputusan DPP PDI Perjuangan menunjuk pasangan itu akan dibukanya dalam rapat kerja khusus partainya di Kota Tasikmalaya. “Pasangannya dari PDI Perjuangan, sudah ada, masih kita simpan,” kata dia.

Menurut Abdy, keduanya akan didaftarkan resmi pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tasikmalaya tanggal 21 September 2016 pukul 1 siang mengikuti instruksi DPP PDI Perjuangan yang meminta pendaftaran calon kepala daerah yang di usung partainya pada pilkada serentak tahun ini dengan pendaftaran serempak di seluruh Indonesia. “Ini instruksi DPP,” kata dia.

Ketua KPU Jawa Barat Yayat Hidayat mengatakan, jadwal pendaftaran calon kepala daerah baik yang di usung partai politik dan calon perseorangan akan dibuka tiga hari sejak tanggal 21 September 2016. “Jadwalnya antara tanggal 21 September sampai 23 September, dari jam 08.00 WIB sampai jam 16.00 WIB,” kata dia, saat dihubungi Tempo, Selasa, 19 September 2016.

Yayat mengatakan, KPU di daerah sempat deg-degan karena molornya aturan main pilkada serentak tahun 2016 ini yang salah satunya membolehkan terpidana dengan hukuman percobaan boleh menjadi calon, serta mewajibkan petahana untuk cuti tiga bulan selama proses pilkada berlangsung. “Aturannya baru turun kemarin, besok mau pendaftaran, aturan baru datang. Deg-degan. Jadi susah sosialisasinya,” kata dia.

Kendati demikian, Yayat mengklaim, KPU kabuapten/kota sudah siap menerima pendaftaran calon kepala daerah. Di Jawa Barat ada tiga daerah yang mengikuti pilkada serentak tahun ini yakni Kota Tasikmalaya, Kabupaten Bekasi, dan Kota Cimahi. KOMPAS

Berita Terkait

Author: DPD PDI PERJUANGAN JABAR

SITUS RESMI DPD PDI PERJUANGAN JAWA BARAT

Leave a Reply