1317 Views

Agar Melek Medsos, Kader PDIP di Jabar Ikuti Pelatihan Selama Dua Hari

DSC06890Puluhan kader partai mengikuti pelatihan komunikasi terapan di kantor DPD PDI Perjuangan, Jalan Pelajar Pejuang, Kota Bandung, Rabu (7/9/2016). Kader PDI Perjuangan itu dilatih tentang public speaking, membuat pers rilis, dan menghadapi atau merespon pertanyaan masyarakat.

“Kemudian juga dilatih berdebat,” kata Sekretaris DPD PDI Perjuangan, Abdy Yuhana, kepada wartawan di kantor DPD PDI perjuangan.

Abdy menyebut, pelatihan itu berlangsung 7-8 September 2016. Dikatakannya, jumlah peserta kegiatan tersebut itu mencapai 40 orang. Ke-40 orang ini merupakan utusan DPC, kader DPRD, dan anggota fungsional partai di daerahnya masing-masing. Mereka dilatih dosen dari Universitas Indonesia dan wartawan yang menulis buku Megawati Soekarno Putri.

“Materinya tentang komunikasi politik, public speaking, berdebat, dan membuat performa PDI Perjuangan menjadi baik ketika jadi jubir/jurkam partai,” kata Abdy.

Selama pelatihan itu, katanya, para kader partai harus memiliki kecakapan dalam berkomunikasi baik secara vertikal dan horisontal. Horisontal misalnya, para kader harus membangun komunikasi dengan pemerintah dan masyarakat ketika membutuhkan.

“Kegiatan ini juga untuk mengikuti perkembangan atau tren masyarakat terutama di Jabar. Para Kader juga harus tahu dunia medsos. Karena medsos saat ini kemudian dijadikan sebagai alat kampanye alternatif yang bisa bersentuhan langsung dengan masyarakat,” kata Abdy.

Selain itu, kata Abdy, para kader juga harus mampu membuat orang percaya apa yang disampaikan terkait dengan program partai terutama terkait dengan program presiden, Joko Widodo.

“Di sini diperlukan kemampuan untuk berkomunikasi dengan semua pihak. Nah kemampuan berkomunikasi itu sangat penting bagi PDI Perjuangan, karena mereka merupakan etalase partai yang harus berhubungan langsung dengan masyarakat banyak,” kata Abdy.  Tribun Jabar

Berita Terkait

Author: DPD PDI PERJUANGAN JABAR

SITUS RESMI DPD PDI PERJUANGAN JAWA BARAT

Leave a Reply