1217 Views

Sambut Bulan Suci, Ini Tradisi Yang Digelar Di Pamulihan Sumedang

o-HAPPY-COUPLE-facebook1-750x4221PDIPERJUANGAN-JABAR.COM – Menjelang bulan suci ramadhan, masyarakat di Dusun Cikubang Desa Citali Kecamatan Pamulihan. Menggelar sebuah acara tradisi yaitu acara gembrong liwet atau makan nasi liwet secara bersama-sama.

Acara yang digagas oleh Pusat Konservasi Seni dan Budaya Wahana Satia Sunda berupaya melestarikan tradisi yang biasa dilakukan oleh masyarakat sumedang.

Pembina Paseban Sumedang, Irwansyah Putra mengatakan acara gembrong liwet merupakan acara tradisi yang rutin di gelar di wilayah Desa Citali Kecamatan Pamulihan.

“Dalam acara gembrong liwet ini diharapkan adalah terjalin silaturahmi yang baik antara masyarakat dan juga pemerintah maupun para tokoh di kabupaten Sumedang, dan yang kedua tradisi budaya ini diharapkan bisa berkembang bukan hanya di desa citali saja, namun bisa di contoh oleh desa desa lain,” ujar Irwansyah Putra Minggu,(29/05/2016).

Lanjut Irwansyah, selain itu acara gembrong liwet tersebut juga merupakan sebagai bentuk ucapan rasa syukur kepada sang pencipta dimana kita akan dipertemukan kembali dengan bulan ramadhan.

“Kemudian setelah nasi liwet yang dimasak oleh masyarakat secara berkelompok maka nasi liwet tersebut akan dimakan secara bersama-sama baik oleh masyarakat maupaun oleh para pejabat, sehingga dihari itu tidak ada perbedaan mana ketua RT, ketua RW, Kepala Desa maupun Ketua DPRD dan Bupati sekalipun,” sebutnya.

Masyarakat mulai dari anak-anak, remaja hingga orang tua warga desa citali dan juga komunitas motor Barudak Vespa membuat kelompok atau tim dalam membuat nasi liwet tersebut, kemudian mereka memasak liwet di tempat yang telah disediakan panitia seperti di depan rumah atau di area sawah dan kebun, setelah itu nasi liwet yang sudah matang akan dinilai oleh dewan juri dan yang menang akan dinobatkan sebagai jawara liwet dan mendapat hadiah yang telah disiapkan oleh Pembina Seni dan Budaya Sumedang yang juga Ketua DPRD Kab Sumedang Irwansyah Putra. JABARMERDEKA

Author: DPD PDI PERJUANGAN JABAR

SITUS RESMI DPD PDI PERJUANGAN JAWA BARAT

Leave a Reply