1456 Views

INILAH ALASAN UNPAD BERI GELAR KEHORMATAN PADA MEGAWATI SOEKARNOPUTRI

Dr-HC-megawati-soekarnoputriPDIPERJUANGAN-JABAR.COM – Presiden Ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri akan menerima mendapatkan gelar doktor kehormatan di bidang politik dan pemerintahan dari Universitas Padjajaran (UNPAD).

Pemberian gelar ini bukanlah tanpa alasan. Rekam jejak Ketua Umum PDI Perjuangan ini dalam perkembangan demokrasi dan politik Indonesia tidak bisa dianggap sepele. Nama Putri Bung Karno tersebut tidak bisa dipisahkan dari peristiwa-peristiwa politiik di tanah air selama ini.

Diakui Rektor UNPAD Prof. Dr. Tri Hanggono Achmad, pemberian gelar kehormatan ini sebagai pengakuan bagaimana dalam masa transisi demokrasi yang penuh tantangan, Megawati Soekarnoputri mampu membawa stabilitas politik, dan mengatasi tantangan perekonomian nasional akibat krisis ekonomi yang berkepanjangan.

Pemberian gelar ini juga diakui telah melewati proses penggodokan yang cermat oleh tim yang terdiri, Rektor UNPAD Prof. Dr. Tri Hanggono Achmad, Prof Dr. Obsatar Sinaga MSI Prof. Oekan S. Abdoellah MA, PhD, dan Dr. Arry Bainus MA.
Bagi UNPAD, Gelar doktor kehormatan tersebut bertitik pijak dari keseluruhan kajian akademik yang dilakukan Unpad.

Baik pada saat Megawati berjuang menegakkan demokrasi menghadapi rezim yang otoriter, pada saat sebagai Presiden, dan setelah tidak menjadi Presiden, tetap memimpin PDI Perjuangan yang dikenal solid dan konsisten menjalankan program kerakyatan dan kaderisasi.

UNPAD menilai, Keseluruhan gagasan kenegarawanan, pemikiran politik, dan gagasan besar dalam konsolidasi demokrasi yang menjadi inti pemikiran Megawati Soekarnoputri akan disampaikan dalam pertanggungjawaban akademik.

Dengan melacak keseluruhan pemikiran Megawati Soekarnoputri itu, Universitas ternama di Tanah Pasundan itu pun berharap berharap dapat mengembangkan pemikiran tersebut dalam bidang politik dan pemerintahan. Sehingga menjadi bahan pengetahuan yang melengkapi teori dalam ilmu politik, yang dibumikan dalam dimensi ideologi dan pemerintahan sebagaimana dijalankan oleh Megawati Soekarnoputri.

Sebagai tambahan, selain dari UNPAD, Megawati telah tiga kali mendapatkan gelar doktor kehormatan dari luar negeri, yakni Wasseda University, Jepang; Moscow State Institute, Rusia; dan MIT Ocean University, Korea Selatan. PDIPERJUANGAN.ID

Author: DPD PDI PERJUANGAN JABAR

SITUS RESMI DPD PDI PERJUANGAN JAWA BARAT

Leave a Reply