1364 Views

KETIKA PAK JIMUS JADI GURU

13112498_239362703120022_312769551_o

H. Mustofa, SH | Ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Cirebon yang juga Ketua DPRD Kab. Cirebon

PDIPERJUANGAN-JABAR.COM – Ruang kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Dukupuntang, Kamis pagi (28/04) terlihat berbeda dari biasanya. Bukan Bu Guru Mardiana, Pak Guru Nono Sudarsono atau guru-guru lain yang biasa berdiri mengajar didepan kelas.

Ternyata yang membuat suasana berbeda itu adalah “Pak Guru Mustofa”. Ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Cirebon yang juga Ketua DPRD Kab. Cirebon itu, H. Mustofa, SH, didaulat Harian Umum Radar Cirebon sebagai penyelenggara Program TOKOH MENGAJAR, untuk mengajar. Mustofa sendiri mengungkapkan kebahagiaannya menjadi “guru dadakan”, di sebuah Sekolah yang cukup berprestasi pula. “Ya, awalnya sempat neurveus berada di depan calon-calon pemimpin dan penerus bangsa.

Tapi alhamdulillah, semau berjalan baik,” ungkap Jimus (sapaan akrab H. Mustofa, SH). Menurut pantauan Media Centre, Mustofa yang sama sekali tidak memiliki latar belakang seorang guru itu, ternyata mampu mengajar tak ubahnya seorang guru profesional yang menguasai metodik pedagogik.

Bahkan boleh dibilang, ia sukses mempraktekan CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif). Terbukti dengan berebutnya para siswa menjawab setiap pertanyaan yang dilemparkannya. Pada kesempatan mengajara tersebut, politisi asal Jamblang itu menguraikan tentang perjalanan sejarah pendidikan di tanah air. Menurutnya, Ki Hajar Dewantara adalah tokoh yng paling berjasa dalam dunia pendidikan kita.13120475_239362643120028_83092671_o

“Beliau tak kenal lelah dalam melakukan propaganda dan menebarkan semangat. Utamanya tentang pentingnya pendidikan untuk menentukan nasib bangsa ini,” ungkap Mustofa seraya mengatakan, dalam perjuangannya Ki Hajar Dewantara ditemani oleh Dr. Cipto Mangunkusumo dan Dr. Sudirja Setia Budi(Dowes Deker).

Pada bagian lain, Mustofa memaparkan pentingnya menanamkan semangat kepahlawanan pada setiap jiwa generai muda. “Pahlawan dalam pengertian sesungguhnya, yakni tidak hanya para kusuma bangsa yang dengan gigih memerdekakan negeri ini. Tetapi juga bisa dilakukan saat ini, yaitu siapapun yang berjasa dalam masyarakat, bisa seorang guru, tentara, uala,dan lainnnya” katanya Mustofa. Kehadiran H. Mustofa diapresiasi Kepala SMA Negeri 1 Dukupuntang sebagai peristiwa penting dan amat bermanfaat bagi siswa-siswinya.

“Kehadiran Pak Ketua (Mustofa-red), sangt kami apresiasi. Kami yakin, akan memberikan semangat terseNdiri bagi proses belajar mengajar disekolah kami,” ungkap Kepala SMA Negeri 1 Dukupuntang, Dra. Hj. Mardiana, MM didampingi Wakasek Bidang Kurikulum Nono Sudarsono. ***

Author: DPD PDI PERJUANGAN JABAR

SITUS RESMI DPD PDI PERJUANGAN JAWA BARAT

Leave a Reply